Sabtu, 05 Juli 2014

Pembelajaran Geometri dan Pengukuran

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
Selamat sore pembaca yang budiman :)
Gimana kabarnya? Oh iya Marhaban  Ya Ramadhan ya semua :)
Mohon maaf lahir batin .. 
Kali ini saya akan berbagi ilmu kepada pembaca tentang Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) berbasis tematik. 
Semester ini, semester 4 saya menempuh mata kuliah Pembelajaran Geometri dan Pengukuran dimana pada mata kuliah ini mengajarkan bagaimana menyusun RPP yang baik kemudian diaplikasikan pada proses pembelajaran yang disebut Simulasi pembelajaran Geometeri karena pada RPP ini diharuskan terdapat materi mengenai Geometri dan Pengukuran. Selain itu pada mata kuliah ini ketika simulasi proses pembelajaran harus aktif dan menyenangkan *sempat bingung sih gimana caranya bikin pembelajaran menyenangkan* Tapi ternyata bikin pembelajaran menyenangkan itu ternyata tidak selalu sulit asalkan ada usaha keras dari diri sendiri dan kelompok. 
Langsung saja ya berikut contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tematik. Untuk filenya bisa didownload Disini


RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana pelaksanaan pembelajaran paling luas mencakup 1 kompetemsi dasar yang terdiri atas 1 atau beberapa indikator untuk 1 kali pertemuan atau lebih.
Sedangkan RPP tematik adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai KD dan tujuan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan   : SDN Senyum Ceria
Kelas/Semester         : IV/2
                       Tema/Subtema            : 7. Cita-citaku/3. Giat Berusaha Meraih cita-cita
Pembelajaran            : 4
Alokasi waktu          : 45 menit
Hari/Tanggal            : 2 Juni 2014

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Matematika
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.14  Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segiempat.
 Indikator
3.12.1 Mengidentifikasi sudut siku-siku dengan sudut-sudut lainnya melalui pengamatan
4.14.1 Membuat kesimpulan dari eksplorasi tentang sudut segiempat.
                               
PJOK
3.4 Memahami konsep berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
4.4 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi cara lari melewati rintangan kardus.
4.4.1 Mempraktikkan keterampilan lari melewati rintangan kardus.

IPS
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator
3.5.1  Mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi social.
4.5.1        Menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial yang berkaitan dengan cita-cita.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengidentifikasi sudut siku-siku setelah melakukan pengamatan terhadap bangun-bangun datar dengan cermat.
2.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu membuat kesimpulan tentang sudut bagian dalam segiempat dengan benar.
3.      Dengan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial dengan benar.
4.      Dengan membaca teks, siswa mampu menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial dengan benar.
5.      Setelah bereksplorasi dan  melihat demonstrasi dari guru, siswa dapat melakukan lari melewati rintangan kardus dengan benar.
6.      Setelah bereksplorasi dan melihat demonstrasi dari guru, siswa dapat melakukan lomba meloncati rintangan kardus dengan benar.

D.    Materi
1.      Bangun segiempat.
2.      Sudut siku-siku.
3.      Sudut bagian dalam segiempat.
4.      Konsep dan aktivitas kebugaran jasmani.
5.      Interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.

E.     Pendekatan, Strategi, dan Metode
Pendekatan: Scientific.
Strategi      : TGT (Team Game Tournament).
Metode      : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

F.      Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media        : Bercerita dan mengelompokkan.
Alat           : Puzzle dan kardus-kardus bekas.
Sumber      : 1. Buku Pedoman Guru Tema 7. Cita-Citaku Kelas 4 (Buku  Tematik Terpadu Kurikulum 2013) halaman 122-129.
                   2. Buku Siswa Tema 7. Cita-Citaku Kelas 4 (Buku  Tematik Terpadu Kurikulum 2013) halaman 87-91.
                   3. Buku Siswa Elektronik (BSE) Matematika kelas 4

G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Orientasi
a.       Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa.
b.      Guru menanyakan kabar.
c.       Guru mengecek kehadiran siswa.
2.      Motivasi
Guru memberikan cerita tentang menggapai cita-cita.
3.      Apersepsi
Guru mengulang sedikit materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan.
4.      Tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu:
a.       Siswa mampu mengidentifikasi sudut siku-siku setelah melakukan pengamatan terhadap bangun-bangun datar dengan cermat.
b.      Siswa dapat membuat kesimpulan tentang sudut bagian dalam segiempat dengan benar.
c.       Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial dengan benar.
d.      Siswa dapat menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial dengan benar.
e.       Siswa dapat melakukan lari melewati rintangan kardus dengan benar.
10 menit
Inti
1.      Siswa membaca sekilas informasi tentang arsitek dan tukang kayu,. (Mencoba)
2.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.(Menjawab)
3.      Siswa menjawab bangun apa saja yang termasuk segiempat.(Menjawab)
4.      Siswa mencocokkan antara bangun segiempat dan nama yang benar dari beberapa bangun segiempat yang ada dan memberi tanda pada sudut dalam bangun datar segi empat. (Mengidentifikasi)
5.      Siswa mendiskusikan dengan guru tentang jawaban yang benar.
6.      Siswa menganalisis besar sudut dalam pada sebuah segiempat, yaitu pada persegi, kemudian menuliskan cara mendapatkan jawabannya. (Mengidentifikasi)
7.      Siswa dibentuk menjadi 4 kelompok..
8.      Siswa membuktikan besar sudut persegi secara berkelompok dengan melepaskan potongan sudut pada puzzle dan menyusunnya hingga membentuk sudut 360°. (Mencoba)
9.      Siswa membuat kesimpulan tentang besar sudut dalam pada segiempat. (Membuat jejaring)
10.  Siswa mempraktikkan olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, di antaranya adalah permainan lari melompati rintangan.
11.  Guru mengingatkan siswa untuk bersikap disiplin saat berolahraga.
12.  Pada kegiatan lompat rintangan, guru meminta siswa melakukannya secara berkelompok dan guru meminta siswa mengambil bangun-bangun datar segi empat yang ada didalam kardus rintangan kemudian menempelkan didepan dan member nama bangun tersebut.
Aturan permainan:
a.       3 kelompok yang memenangkan turnamen sebelumnya (pasang puzzle) maju kedepan.
b.      Setiap kelompok diambil 3 orang siswa untuk maju kedepan mengikuti permainan lompat rintangan.
Langkah-langkah permainan :
1)      Siswa melompati rintangan satu persatu.
2)      Pada saat melompati rintangan siswa mengambil bangun datar segi empat yang terdapat didalam kardus rintangan.
3)      Setelah mendapatkan bangun datar siswa melanjutkan melompati rintangan agar bisa sampai ke tempat temannya.
4)      Kemudian siswa menempelkan bangun datar yang didapatkannya ke papan yang telah disediakan.
5)      Selanjutnya siswa yang di belakang bergantian untuk melompati rintangan dan menemukan bangun datar kemudian menemplekannya dan begitu seterusnya sampai papan yang telah disediakan terisi 5 bangun datar segi empat. (Mencoba)
“ Siswa hanya diperbolehkan mengambil 1 buah bangun datar pada sekali permainan”.
6)      Kelompok yang menyelesaikan permainan terlebih dahulu itulah pemenangnya.
20 menit

Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini (simpulan).
2.      Siswa melakukan refleksi kegiatan belajar mengajar hari ini dengan mengungkapkan dan manfaatnya (refleksi).
3.      Guru melakukan pemberian kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti (evaluasi).
4.      Guru melakukan penilaian dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan (evaluasi).
5.      Guru memberikan penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
6.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa giat berusaha meraih cita-cita.
7.      Guru memberikan tindak lanjut berupa pertanyaan atau pengayaan, remidial,dan penugasan (usaha tindak lanjut).
8.      Guru menginformasikan kegiatan belajar untuk hari berikutnya (usaha tindak lanjut).
9.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
10.  Guru menutup pembelajaran dengan salam.
15 menit




H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap: percaya diri, bekerja sama, teliti, sportif, pantang menyerah, tekun, peduli lingkungan.
b.   Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
c.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, isian singkat dan Esai atau uraian,






Mengetahui
Kepala SDN Senyum Ceria



Arvina Wahyu
NIP.
Surakarta, ............................
Guru Kelas 4



Luthfia
NIP.





LAMPIRAN

A.    Penilaian Sikap
No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Keterangan
1
Percaya diri





2
Bekerjasama





3
Teliti





4
Sportif





5
Pantang Menyerah






B.     Penilaian Pengetahuan
Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak

Mengidentifikasi hubungan antara manusia dengan kondisi sosial.



Menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial


Mengerjakan soal mencari satu besar sudut dalam pada segiempat.


Berdiskusi dengan seorang teman tentang sikap­sikap
yang dapat ia contoh dari kegiatan olahraga.







C.     Penilaian Keterampilan
Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Merangkai Puzzle


Melompati rintangan dengan benar



Semoga bisa bermanfaat.
Sekian ^^
See you next time, byee
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Presentasi Powerpoint Tematik