Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat sore pembaca yang budiman :)
Gimana kabarnya? Oh iya Marhaban Ya Ramadhan ya semua :)
Mohon maaf lahir batin ..
Kali ini saya akan berbagi ilmu kepada pembaca tentang Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) berbasis tematik.
Semester ini, semester 4 saya menempuh mata kuliah Pembelajaran Geometri dan Pengukuran dimana pada mata kuliah ini mengajarkan bagaimana menyusun RPP yang baik kemudian diaplikasikan pada proses pembelajaran yang disebut Simulasi pembelajaran Geometeri karena pada RPP ini diharuskan terdapat materi mengenai Geometri dan Pengukuran. Selain itu pada mata kuliah ini ketika simulasi proses pembelajaran harus aktif dan menyenangkan *sempat bingung sih gimana caranya bikin pembelajaran menyenangkan* Tapi ternyata bikin pembelajaran menyenangkan itu ternyata tidak selalu sulit asalkan ada usaha keras dari diri sendiri dan kelompok.
Langsung saja ya berikut contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tematik. Untuk filenya bisa didownload Disini
RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup
Rencana pelaksanaan pembelajaran paling luas mencakup 1 kompetemsi dasar yang
terdiri atas 1 atau beberapa indikator untuk 1 kali pertemuan atau lebih.
Sedangkan RPP tematik adalah rencana yang
menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai KD dan
tujuan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran ke dalam satu
tema.
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN Senyum Ceria
Kelas/Semester : IV/2
Tema/Subtema : 7. Cita-citaku/3. Giat Berusaha Meraih cita-cita
Pembelajaran : 4
Alokasi
waktu : 45 menit
Hari/Tanggal : 2 Juni 2014
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Matematika
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya
dengan sudut yang berbeda.
4.14 Membandingkan jumlah
sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segiempat.
Indikator
3.12.1 Mengidentifikasi sudut siku-siku dengan sudut-sudut
lainnya melalui pengamatan
4.14.1 Membuat kesimpulan dari eksplorasi tentang
sudut segiempat.
PJOK
3.4 Memahami konsep berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk
mencapai tinggi dan berat badan ideal.
4.4 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk
mencapai tinggi dan berat badan ideal.
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi cara lari melewati rintangan
kardus.
4.4.1 Mempraktikkan keterampilan
lari melewati rintangan kardus.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi
hubungan antara manusia dan kondisi social.
4.5.1
Menceritakan
interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial yang berkaitan dengan
cita-cita.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu mengidentifikasi
sudut siku-siku setelah melakukan pengamatan terhadap bangun-bangun datar
dengan cermat.
2.
Setelah
bereksplorasi, siswa mampu membuat kesimpulan tentang sudut bagian dalam segiempat dengan
benar.
3.
Dengan
membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial dengan
benar.
4.
Dengan
membaca teks, siswa mampu menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan
sosial dengan benar.
5.
Setelah
bereksplorasi dan melihat demonstrasi
dari guru, siswa dapat melakukan lari melewati rintangan kardus dengan benar.
6. Setelah bereksplorasi dan melihat demonstrasi
dari guru, siswa dapat melakukan lomba meloncati rintangan kardus dengan benar.
D.
Materi
1.
Bangun segiempat.
2.
Sudut siku-siku.
3.
Sudut bagian dalam segiempat.
4.
Konsep dan aktivitas kebugaran jasmani.
5.
Interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
E.
Pendekatan, Strategi, dan Metode
Pendekatan: Scientific.
Strategi : TGT (Team Game
Tournament).
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media : Bercerita dan mengelompokkan.
Alat : Puzzle dan kardus-kardus bekas.
Sumber : 1. Buku Pedoman
Guru Tema 7. Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013) halaman 122-129.
2.
Buku Siswa Tema 7. Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013) halaman 87-91.
3. Buku
Siswa Elektronik (BSE) Matematika kelas 4
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Orientasi
a. Guru memberikan salam dan
mengajak siswa berdoa.
b. Guru menanyakan kabar.
c. Guru mengecek kehadiran
siswa.
2.
Motivasi
Guru memberikan cerita tentang menggapai cita-cita.
3.
Apersepsi
Guru mengulang sedikit materi yang telah diajarkan pada pertemuan
sebelumnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang
telah diajarkan.
4.
Tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang
lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu:
a.
Siswa mampu mengidentifikasi
sudut siku-siku setelah melakukan pengamatan terhadap bangun-bangun datar
dengan cermat.
b.
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang sudut
bagian dalam segiempat dengan benar.
c.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antara
manusia dan kondisi sosial dengan benar.
d.
Siswa dapat menceritakan interaksi yang dilakukan
manusia dengan lingkungan sosial dengan benar.
e.
Siswa dapat melakukan lari melewati rintangan
kardus dengan benar.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa
membaca sekilas informasi tentang arsitek dan tukang kayu,. (Mencoba)
2.
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.(Menjawab)
3.
Siswa
menjawab bangun apa saja yang termasuk segiempat.(Menjawab)
4.
Siswa
mencocokkan antara bangun segiempat dan nama yang benar dari beberapa bangun
segiempat yang ada dan memberi tanda pada sudut dalam bangun datar segi
empat. (Mengidentifikasi)
5.
Siswa
mendiskusikan dengan guru tentang jawaban yang benar.
6.
Siswa
menganalisis besar sudut dalam pada sebuah segiempat, yaitu pada persegi,
kemudian menuliskan cara mendapatkan jawabannya. (Mengidentifikasi)
7.
Siswa
dibentuk menjadi 4 kelompok..
8.
Siswa
membuktikan besar sudut persegi secara berkelompok dengan melepaskan potongan
sudut pada puzzle dan menyusunnya hingga membentuk sudut 360°. (Mencoba)
9.
Siswa
membuat kesimpulan tentang besar sudut dalam pada segiempat. (Membuat
jejaring)
10. Siswa mempraktikkan olahraga yang bertujuan
untuk meningkatkan kebugaran jasmani, di antaranya adalah permainan lari
melompati rintangan.
11. Guru mengingatkan siswa untuk bersikap
disiplin saat berolahraga.
12. Pada kegiatan lompat rintangan, guru meminta
siswa melakukannya secara berkelompok dan guru meminta siswa mengambil
bangun-bangun datar segi empat yang ada didalam kardus rintangan kemudian
menempelkan didepan dan member nama bangun tersebut.
Aturan
permainan:
a.
3
kelompok yang memenangkan turnamen sebelumnya (pasang puzzle) maju kedepan.
b.
Setiap
kelompok diambil 3 orang siswa untuk maju kedepan mengikuti permainan lompat
rintangan.
Langkah-langkah permainan :
1)
Siswa
melompati rintangan satu persatu.
2)
Pada
saat melompati rintangan siswa mengambil bangun datar segi empat yang
terdapat didalam kardus rintangan.
3)
Setelah
mendapatkan bangun datar siswa melanjutkan melompati rintangan agar bisa
sampai ke tempat temannya.
4)
Kemudian
siswa menempelkan bangun datar yang didapatkannya ke papan yang telah
disediakan.
5)
Selanjutnya
siswa yang di belakang bergantian untuk melompati rintangan dan menemukan
bangun datar kemudian menemplekannya dan begitu seterusnya sampai papan yang
telah disediakan terisi 5 bangun datar segi empat. (Mencoba)
“ Siswa hanya diperbolehkan mengambil 1
buah bangun datar pada sekali permainan”.
6)
Kelompok
yang menyelesaikan permainan terlebih dahulu itulah pemenangnya.
|
20 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada
pertemuan hari ini (simpulan).
2.
Siswa melakukan refleksi kegiatan belajar mengajar hari ini dengan
mengungkapkan dan manfaatnya (refleksi).
3.
Guru melakukan pemberian kesempatan kepada beberapa siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti (evaluasi).
4.
Guru melakukan penilaian dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara
lisan (evaluasi).
5.
Guru memberikan penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
6.
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa giat berusaha meraih
cita-cita.
7.
Guru memberikan tindak lanjut berupa pertanyaan atau pengayaan,
remidial,dan penugasan (usaha tindak lanjut).
8.
Guru menginformasikan kegiatan belajar untuk hari berikutnya (usaha
tindak lanjut).
9.
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
10.
Guru menutup pembelajaran dengan salam.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap: percaya diri, bekerja
sama, teliti, sportif, pantang menyerah, tekun, peduli lingkungan.
b.
Penilaian Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
c.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian
Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.
Penilaian
Hasil Belajar: Pilihan ganda, isian singkat dan Esai atau uraian,
Mengetahui
Kepala SDN Senyum Ceria
Arvina
Wahyu
NIP.
|
Surakarta,
............................
Guru Kelas 4
Luthfia
NIP.
|
LAMPIRAN
A. Penilaian Sikap
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1
|
Percaya diri
|
|||||
2
|
Bekerjasama
|
|||||
3
|
Teliti
|
|||||
4
|
Sportif
|
|||||
5
|
Pantang Menyerah
|
B. Penilaian Pengetahuan
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Mengidentifikasi
hubungan antara manusia dengan kondisi sosial.
|
||
Menceritakan interaksi
yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial
|
||
Mengerjakan soal mencari satu besar sudut dalam pada segiempat.
|
||
Berdiskusi dengan seorang teman tentang sikapsikap
yang dapat ia contoh dari kegiatan olahraga.
|
C. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Merangkai Puzzle
|
||
Melompati rintangan
dengan benar
|
Semoga bisa bermanfaat.
Sekian ^^
See you next time, byee
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
0 komentar:
Posting Komentar